954305 Pendidikan Usia Dini
Saat ini makin disadari pentingnya proses pendidikan di usia dini dari perkembangan seorang anak. Apa yang akan terjadi di usia atau tingkat pendidikan selanjutnya sangat dipengaruhi oleh pengalaman belajar di saat anak berada di jenjang pendidikan pra-sekolah. Perkembangan aspek aspek secara menyeluruh (aspek kognitif-bahasa, motorik kasar dan halus, emosi, sosial) pada seorang anak akan menjadi fokus bahasan di mata kuliah ini. Di samping itu, berbagai permasalahan terkait pendidikan anak usia dini seperti separation anxiety, ke-kurang siapan memasuki sekolah, keterlambatan perkembangan serta penanganan terhadap permasalaharttersebut juga akan menjadi bahasan. Mata kuliah ini termasuk dalam kelompok mata kuliah praktik, yang mewajibkan peserta untuk menangani satu kasus pada proses pendidikan anak usia dini. Kegiatan perkuliahan akan menggabungkan kegiatan kuliah, diskusi, presentasi, penanganan satu kasus dengan klien anak (asesmen dan intervensi). Kriteria penilaian: kesesuaian teori dengan masalah, kejelasan argumentasi sesuai teori, ketepatan program dan hasil analisis kebutuhan individual, efektivitas komunikasi.
Capaian Pembelajaran
Capaian pembelajaran mata kuliah ini adalah membekali mahasiswa agar mampu menerapkan wawasan tentang permasalahan perkembangan pada anak usia dini, untuk melakukan asesmen kebutuhan intervensi kasus individual dalam konteks psikologi pendidikan anak usia dini, mendesain dan melaksanakan program bagi klien dan lingkungan sesuai hasil analisis observasi, wawancara dan psikodiagnostika dalam waktu satu semester. Kompetensi Softskills : a. Keterampilan berpikir logis dan kritis: mampu menerapkan prinsip-prinsip berpikir logis dan kritis dalam mengajukan dan mengevaluasi argumen mengenai kebutuhan program intervensi permasalahan perkembangan anak usia dini pada kasus individual. b. Komunikasi: mampu menyampaikan gagasan dengan kalimat yang efisien dan efektif, dengan tata bahasa yang baku secara lisan maupun tertulis. c. Keterampilan kerjasama: mampu menjalin kolaborasi dalam hal ide dan pelaksanaan program dengan klien, keluarga klien maupun professional non-psikologi.
Pengetahuan Awal
Posisi mata kuliah ini berada di semester 3 (tiga). Tidak ada mata kuliah prasyarat untuk mata kuliah ini, namun sebelumnya mahasiswa telah mendapatkan pengetahuan dasar keilmuan psikologi sehingga dalam matakuliah ini mahasiswa diharapkan mampu menerapkannya dan telah mengalami aktivitas magang di semester 2.
Referensi Umum
- Berk, L.E. (2003), Child Development 6th edition(6061978-0205384624)
- Garro, A. (2016) Early Childhood Assessment in School and Clinical Child Psychology, New Jersey: Pearson (6063978-1-4939-6347-8)
- Wortham, S.C. (2014) Assessment in early childhood education. Essex: Pearson Education Limited (6062978-1-292-04107-0)
Referensi Buku Pustaka
- HURLOCK, Elizabeth B., et al..(1978).Child Development.McGraw-Hill.ISBN 0070853126.
- Wortham, Sue Clark, et al..(2015).Assessment in Early Childhood Education..ISBN 9780133802917.
- Garro, Adrienne, et al..(2018).Early Childhood Assessment in School and Clinical Child Psychology..ISBN 9781493981724.