954302 Intervensi Pendidikan dalam Kelompok

Keefektifan suatu proses pendidikan menjadi penting untuk mencari outcome belajar yang berkualitas pada diri siswa. Sekolah yang efektif dalam menjalankan fungsinya sangat tergantung pada elemen2 yang ada di lingkup sekolah.Dalam konsep keefektifan sekolah, seluruh elemen atau level akan saling memengaruhi. Level-level tersebut adalah level siswa, kelas (dalam hal ini guru), manajemen (kepala sekolah), serta level konteks (lingkungan/konteks masyarakat/ kebijakan pendidikan atau pemerintah). Pada mata kuliah ini, peserta akan melakukan identifikasi permasalahan di masing-massing level dan memberikan saran rekomendasi perbaikan, khususnya pada level manajemen. Kegiatan perkuliahan akan menggabungkan ceramah, diskusi kasus, presentasi, praktik dan tutorial individual. Kriteria penilaian: kesesuaian teori dengan masalah, kejelasan argumentasi sesuai teori, ketepatan program dan hasil analisis kebutuhan institusi pendidikan, efektivitas intervensi level pada level sekolah/manajemen.

Capaian Pembelajaran

Capaian pembelajaran mata kuliah ini adalah membekali mahasiswa agar mampu menerapkan wawasan tentang konsep keefektifan sekolah/pendidikan untuk melakukan asesmen kebutuhan untuk mengembangkan intervensi pendidikan pada level sekolah/manajemen, mendesain dan melaksanakan program bagi agen perubahan sesuai hasil analisis kebutuhan insitusi pendidikan dalam waktu satu semester. Kompetensi Softskills : a. Keterampilan berpikir logis dan kritis: mampu menerapkan prinsip-prinsip berpikir logis dan kritis dalam mengajukan dan mengevaluasi argumen mengenai kebutuhan program intervensi berbasis sistem pada level manajemen/sekolah b. Komunikasi: mampu menyampaikan gagasan dengan kalimat yang efisien dan efektif, dengan tata bahasa yang baku secara lisan maupun tertulis. c. Keterampilan kerjasama: mampu menjalin kolaborasi dalam hal ide dan pelaksanaan program dengan rekan satu tim maupun professional non-psikologi

Pengetahuan Awal

Posisi mata kuliah ini berada di semester 2 (dua), sehingga tidak ada mata kuliah prasyarat untuk mata kuliah ini, namun sebelumnya mahasiswa telah mendapatkan pengetahuan dasar keilmuan psikologi sehingga dalam matakuliah ini mahasiswa diharapkan mampu menerapkannya.

Referensi Umum

  • Creemers, B.P.M. (1994) The Effective Classroom (School Development), Continuum Intl Pub Group(6059978-0304327096)
  • Scheerens J., Bosker, R.J. (1997). The Foundation of Educational Effectiveness. UK: Elsevier Science Ltd.(6060978-008005427690)

Referensi Buku Pustaka

  • Creemers, Bert P. M., et al..(1994).The Effective Classroom..ISBN 9780304327096.
  • Scheerens, Jaap, et al..(1997).The Foundations of Educational Effectiveness..ISBN 9780080427690.

Update: 2024-07-27 00:45:06 sesuai RPS Online