954301 Penanganan Permasalahan Belajar
Tumbuh kembang anak dan remaja meliputi tiga masa pertumbuhan, yaitu: masa prasekolah, masa kanak-kanak, dan masa remaja. Perkembangan yang normal akan disajikan, sekaligus sebagai perbandingan akan adanya perkembangan yang kurang normal (gangguan perilaku, emosi, dan sosial). Perkembangan pada masa kanak-kanak sangat dipengaruhi oleh lingkungan keluarga dan pola asuh orangtua, sehingga paparan tentang lingkungan keluarga dan pola asuh akan selalu diperhitungkan dalam memahami permasalahan anak. Pengaruh faktor lingkungan - lebih khusus lagi pengaruh faktor rekan sebaya (peer group) akan makin relevan dengan bertambahnya usia anak sampai dengan tahapan usia remaja. Dalam perkembangan dan stimulasi pendidikannnya, anak dan remaja akan berhadapan dengan berbagai masalah yang berkaitan dengan upaya optimalisasi perkembangan dan pendidikannya,mulai dari masalah umu, keterlambatan perkembangan dan gangguan perkembangan yang berdampak pada belajar. Untuk tahapan masa kanak-kanak dan remaja, juga akan dilakukan praktik terapi, khususnya dengan pendekatan kognitif-behavioral. Meskipun demikian, yang lebih dipentingkan dalam matakuliah ini adalah kemampuan asesmen, sedangkan kemampuan intervensi memperoleh porsi kedua. Kegiatan perkuliahan akan menggabungkan kegiatan ceramah, diskusi kasus, presentasi, praktik serta tutorial individual. Mahasiswa juga mendapatkan penugasan kerja praktik menangan- kasus individual di suatu institusi pendidikan. Kasus ini meliputi permasalahan belajar, dari masalah yang bersifat umum sampai yang bersifat gangguan. Kriteria penilaian: kesesuaian teori dengan masalah, kejelasan argumentasi sesuai teori, ketepatan program dan hasil analisis kebutuhan individual, efektivitas komunikasi.
Capaian Pembelajaran
Capaian pembelajaran mata kuliah ini adalah membekali mahasiswa agar mampu menerapkan wawasan tentang permasalahan perkembangan dan belajar, termasuk gangguan neurodevelopmental untuk melakukan asesmen kebutuhan intervensi kasus individual dalam konteks psikologi pendidikan, mendesain dan melaksanakan program bagi klien dan significant other sesuai hasil analisis observasi, wawancara dan psikodiagnostika dalam waktu satu semester. Kompetensi Softskills : a. Keterampilan berpikir logis dan kritis: mampu menerapkan prinsip-prinsip berpikir logis dan kritis dalam mengajukan dan mengevaluasi argumen mengenai kebutuhan program intervensi permasalahan belajar atau gangguan neurodevelopmental pada kasus individual. b. Komunikasi: mampu menyampaikan gagasan dengan kalimat yang efisien dan efektif, dengan tata bahasa yang baku secara lisan maupun tertulis. c. Keterampilan kerjasama: mampu menjalin kolaborasi dalam hal ide dan pelaksanaan program dengan klien, keluarga klien maupun professional non-psikologi.
Pengetahuan Awal
Posisi mata kuliah ini berada di semester 2 (dua). Tidak ada mata kuliah prasyarat untuk mata kuliah ini, namun sebelumnya mahasiswa telah mendapatkan pengetahuan dasar keilmuan psikologi sehingga dalam matakuliah ini mahasiswa diharapkan mampu menerapkannya.
Referensi Umum
- Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders, 5th Edition: DSM-5(6058978-0890425558)
Referensi Buku Pustaka
- , , et al..(2013).DIAGNOSTIC AND (5TH ED)...ISBN 9780890425541.
- Mash, Eric, et al..(2012).Abnormal Child Psychology, International Edition..ISBN 9781133492610.
- Hudson, Diana, et al..(2015).Specific Learning Difficulties..ISBN 9781849055901.
- Orsolini, Margherita, et al..(2022).Understanding Intellectual Disability..ISBN 9781003220367.
- Barkley, Russell A., et al..(2016).Managing ADHD in Schools..ISBN 9781559570435.
- Green, Joan L., et al..(2019).Assessment of Gifted and High-Ability Learners..ISBN 9781618218810.
- Wilkinson, Lee A., et al..(2016).A Best Practice Guide to Assessment and Intervention for Autism Spectrum Disorder in Schools, Second Edition..ISBN 9781785927041.