14993502 Coaching dan Konseling
Matakuliah ini memberikan pembekalan konsep teoretik dan praktik dengan supervisi mengenai penerapan kemampuan intervensi coaching dan counseling sebagai salah satu bentuk intervensi terhadap permasalahan individu dalam ranah keluarga, pendidikan, industri organisasi dan urban community mulai dari tahap identifikasi masalah, pencarian alternatif solusi, sampai dengan rencana tindakan penyelesaian masalah. Matakuliah ini juga memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mempraktikkan keterampilan dasar komunikasi dan teknik-teknik identifikasi masalah, penetapan tujuan intervensi, sampai dengan penetapan strategi penyelesaian masalah klien secara individual melalui roleplay.
Capaian Pembelajaran
3A. Sikap, Tata Nilai, dan Keterampilan Umum Sikap dan Tata nilai: Dengan mengacu pada CP KKNI DIKTI (khususnya CP 5,8,9), mata kuliah observasi dan interview yang menekankan pola pikir logis, kritis, sistematis akan berkontribusi pada pembentukan sikap dan tata nilai yaitu: 1. mampu menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain (CP5) 2. mampu menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik melalui proses tutorial dan penulisan laporan hasil coaching atau konseling (CP8) 3. mampu menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (CP9) Keterampilan Umum: mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui mata kuliah Coaching dan Konseling dengan mendesain rancangan untuk melakukan identifikasi masalah, penetapan tujuan intervensi hingga penetapan strategi penyelesaian serta menyusun laporan hasil pengumpulan data berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah (CP1) 3B. Keterampilan Khusus & Penguasaan Pengetahuan Keterampilan Khusus: Setelah mengikuti mata kuliah Coaching dan Konseling, mahasiswa mampu: 1. Mengelola dan melakukan coaching-counseling, konteks urban health, urban education, dan urban IO. 2. Mengevaluasi alternatif pemecahan masalah psikologis non klinis yang kompleks pada kepada individu dalam konteks urban health, urban education, dan urban IO sebagai upaya pengabdian kepada masyarakat 3. Menjalin hubungan profesional dan interpersonal secara konstruktif dengan mempertimbangan keberagaman individu (multikultur). 4. Mampu menyampaikan gagasan secara lisan maupun tulisan secara efektif. Penguasaan Pengetahuan: Setelah mengikuti mata kuliah Coaching dan Konseling, mahasiswa mampu: Menguraikan konsep teori dasar psikologi pada taraf individu dalam perannya di keluarga, kelompok, dan komunitas terkait peminatan (urban health, urban education, dan urban IO) yang sesuai dengan konteks sosial budaya. Memiliki pengetahuan terkini tentang penerapan dan pengembangan keilmuan psikologi serta bersikap kritis terhadap berbagai konsep, model dan pendekatan yang berkenaan dengan Coacjing dan Konseling.
Pengetahuan Awal
Tidak ada mata kuliah prasyarat untuk mata kuliah ini.
Referensi Umum
- Egan, Gerard. (2014). The Skilled Helper: A Problem-Management and Opportunity-Development Approach to Helping (10th ed.). USA: Brooks/Cole. Corey, Gerald. (2013). Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy (9th ed.). USA: Brooks/Cole. Kottler, J.A. & Montgomery, M.J. (2012) Theories of Counseling and Therapy. An experential approach. Second Edition. California: Sage Publication, Ltd. (4119)
- 3. Wilson, Carol. (2007). Best Practice in Performing Coaching: A Handbook for Leaders, Coaches, HR Professionals, and Organizations. London and Philadelphia: Kogan Page(5425)
- Corey, Gerald. (2013). Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy (9th ed.). USA: Brooks/Cole(5424)
- Kraus, R., Stricker, G., & Speyer, C. (2011). Online Counseling: A handbook for mental health professionals (2nd ed). Elsevier.(5428)
- Leedham, M., & Parsloe, E. (2009). Coaching & Mentoring (2nd ed). London & Philadephia: Kogan Page.(5427)
- Stone, F.M. (2007)