14993501 Desain Pelatihan dan Pengembangan
Capaian Pembelajaran
1. Menguraikan konsep dasar tahapan pelatihan dan analisis kebutuhan (skema TNA) serta metode pelaksanaannya 2. Mampu menjelaskan konsep psikologi sesuai setting (Urban Health, Urban Edu, Urban PIO) dalam melakukan analisis kebutuhan. 3. Mampu menyusun rancangan/desain pelatihan (skema intervensi, run down, manual for trainer, manual for trainee) sesuai prioritas kebutuhan 4. Mampu melaksanakan dan memfasilitasi proses pelatihan (sebagian dari rancangan yang sudah disusun) sesuai konteks (topik pelatihan dipilihkan dosen tutor dan dijalankan pada peserta sesama rekan mahasiswa). 5. Mampu membuat laporan pelaksanaan dan evaluasi pelatihan.
Pengetahuan Awal
Referensi Umum
- Lawson, Karen (2006). The Trainer's Handbook, 2nd edition. Pfeiffer, Wiley Statt, David A. (2000). Using Psychology in Management Training: The Psychological Foundations of Management Skills. Routledge, London. Silberman, Mel., Aurbach, C. (2006). Active Training: A Handbook of Technique Designs, Case Examples,and Tips. Routledge, London. Moskowitz, M. (2008) A Practical Guide to Training and Development: Assess, Design, Deliver, and Evaluate. John Wiley& Sons, Inc. (3897)