1306Y05A Manajemen Stratejik
Agar berhasil di masa depan, para manajer harus mengembangkan sumber daya dan kapabilitas yang dibutuhkan untuk mendapatkan dan mempertahankan keunggulan di pasar yang kompetitif. Cara organisasi berusaha mengembangkan keunggulan kompetitif tersebut merupakan inti dari strategi mereka. Mata kuliah ini memperkenalkan konsep manajemen strategis melalui pembacaan, diskusi dan analisis kasus, dan mempertimbangkan arah dan tujuan dasar organisasi, lingkungan (politik-hukum, ekonomi, sosial, teknologi, dan faktor global), industri dan struktur pasar, serta kekuatan dan kelemahan organisasi. Penekanannya adalah pada pengembangan dan keberhasilan implementasi strategi di berbagai jenis perusahaan di seluruh industri. Untuk mencapai hal ini, kami mulai dari analisis lingkungan persaingan eksternal, melihat struktur industri, dinamika rantai nilai, dan menilai bagaimana perusahaan dapat memilih posisi terbaik dalam lingkungan ini. Kami kemudian beralih ke analisis sumber daya dan kemampuan perusahaan, dan melihat sistem sumber daya perusahaan, serta memeriksa tantangan dalam mengoordinasikan potongan-potongan teka-teki yang mendukung kesuksesan perusahaan. Setelah itu kami membuat analisis dan pilihan strategis. Analisis dan pilihan strategi berusaha untuk menentukan alternatif tindakan yang paling memungkinkan perusahaan mencapai misi dan tujuannya. Kemudian kita beralih ke implementasi, dan bagaimana konteks organisasi memungkinkan kita untuk menerapkan strategi ini ke dalam tindakan. Kursus ini diakhiri dengan sesi tentang tantangan manajemen strategis di masa perubahan teknologi yang cepat.
Capaian Pembelajaran
Capaian pembelajaran mata kuliah ini dengan mengacu pada CPL MM FBE yaitu S2 - S10, PP1 - PP5, KK1 - KK5, KU1 - KU3, KU5, - KU8 yang kemudian dapat dipecah menjadi beberapa kompetensi dasar (kemampuan akhir yang diharapkan), yaitu: 1. Mahasiswa memahami konsep dasar manajemen stratejik dan berbegai alternative strateji yang dapat digunakan(C4) 2. Mahasiswa mampu melakukan penilaian dan mengukur lingkungan internal dan eksternal dari organisasi (C5) 3. Mahasiswa mampu memformulasi dan implementasi yang sesuai dengan kondisi lingkungan ke depan (C6) 4. Mahasiswa mampu melakukan mapping strategi dan mengevaluasi strateji yang sesuai dengan kondisi lingkungan ke depan (C6)
Pengetahuan Awal
Prasyarat formal untuk mengikuti mata kuliah ini adalah mahasiswa sudah mengikuti mata kuliah Manajemen Keuangan, manajemen pemasaran, manajemen operasional dan manajemen Sumberdaya Manusia dalam Perspektif Organisasi. Selain prasyarat formal tersebut, diperlukan prasyarat nonformal yang mana diharapkan calon peserta kuliah mau dan mampu membaca teks akademik tingkat dasar dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.
Referensi Umum
Referensi Buku Pustaka
- David, Fred, et al..(2022).Strategic Management: A Competitive Advantage Approach, Concepts and Cases, Global Edition..ISBN 9781292441405.