1302S04B KEWIRAUSAHAAN LANJUTAN
Mata Kuliah Kewirausahaan Lanjut ini meupakan mata kuliah pilihan yang terfokus pada pembelajaran untuk membuat Start Up Business bagai peserta kuliah. Oleh karenanya pembelajaran lebih terfokus pada Business Model Canvassing (BMC) yang menjadi landasan dasar untuk menjalankan Start up Business. Kompetensi yang akan dimiliki oleh peserta kuliah mencakup pengetahuan tentang bisnis, kemampuan berpikir dan menjalankan bisnis, ketrampilan membuat BMC dan sikap proaktif dan optimis dalam menjalankan Start Up Business. Materi pembelajaran mencakup tentang mindset tentang bisnis sukses, teknik sukses menjual2, Business Model Canvassing (BMC), konsep kreativitas, inovasi dan invensi, Design Thinking,dan kreativitas dalam menjual, membuat kemasan dan display (tata letak) Capaian pembelajaran program studi yang dicapai adalah S5, S8, S9, S10, PP3, PP6, PP7, PP10, KK2, KK 5, KK6, KK7, KK9, KK10, KU2, KU3, KU4, KU10, KK11, KU12, KK13
Capaian Pembelajaran
- [CPMK1] Mahasiswa mampu mengenal tentang indicator kesuksesan sebuah start up business dan Business Model Canvassing (BMC) dengan berbagai aktivitas dan permasalahan bisnis serta memahami dengan benar bagaimana implementasi dari BMC melalui pembelajaran konsep dan teori (S5, S8, S8,S9, S10, PP3, PP6, PP, KK5, KK6, KK7, KU2, KU3, KU4,). - [CPMK2] Mahasiswa mampu mengembangkan berbagai macam pemikiran, pendapat dan solusi tentang berbagai masalah yang muncul baik yang berkaitan dengan BMC dan Start Up Business sesuai karakteristik bisnis yang bersangkutan. (S5, S8, S9, S10, PP5, PP6, PP7, KK6, KK9, KU2, KU4, KK5,KU10). - [CPMK3] Mahasiswa mampu mengembangkan berbagai argumentasi ilmiah yang dapat memperkuat implementasi BMC pada start Up Business dan memperluas hubungan antara pihak pelaku bisnis dan pelanggan dalam rangka mempertahan keberlangsungan bisnis (S5, S8, S9, S10, PP7, PP10, KK7, KK8, KK10, KU10, KU11, KU12, KU13). - [CPMK4] Mahasiswa mampu memberikan argumentasi konsep/teori dalam sistem BMC secara benar dan mampu membuat rencana bisnis yang relevan, logic dan rasional untuk diimplementasikan dalam dunia nyata. (S5, S9, S10, PP6, PP7, PP10, KK7, KK9, KK10, KU11, KU12, KU13).
Pengetahuan Awal
Peserta mata kuliah ini sudah lulus mata kuliah Kewirausahaan dan Inovasi dan Manajemen bisnis. Hal ini dikarenakan konsep dan materi belajar di mata kuliah ini sebenarnya lebih pada implementasi konsep-kosep yang dipelajari di kedua mata kuliah tersebut. Secara lebih spesifik maka pemahaman peserta kuliah tentang manajemen bisnis dan kewirausahaan serta inovasi menjadi pendukung utama
Referensi Umum
- Alat bantu presentasi(1066)
- Artikel contoh BMC yang di-siapkan sesuai topik perkuliahan(1065)
- Contoh BMC dalam berbagai bisnis(1063)
- Imke, Steven, 2016, Applying The Business Model Canvas: A Practical Guide for Small Business(1061)
- Osterwalder, A. & Y. Pigneur, 2010, Business Model Generation, 1st ed., John Wiley & Sons Publishing(1060)
- PPT tentang BMC dan penjelasannya(1064)
- Rusdiyanto, Johny,2020, Diktat Ajar Kerwirausahaan Lanjut (1062)
- Topik kuliah minggu 1 s/d 6 untuk UTS(1067)
- Topik minggu 8 s/d 14 untuk UAS(1068)