1302G12B STRATEGI MERGER DAN AKUISISI

Mata kuliah Seminar Pemasaran merupakan salah satu mata kuliah wajib konsentrasi untuk peminatan Manajemen Pemasaran. Mata kuliah ini sifatnya komprehensif yang lebih diarahkan pada pembahasan topik-topik penelitian pemasaran terkini yang disertainya dengan kasus-kasusnya. Pembahasan selalu menggunakan jurnal terbaru, selain itu mahasiswa diminta menjelaskan "benang merah" keterkaitan antara konsep-konsep dan praktik pemasaran yang sudah dipelajari selama ini. Setelah mempelajari mata kuliah ini, mahasiswa secara kognitif diharapkan mampu menganalisis berbagai tema terbaru pemasaran guna diterapkan ke dunia empirik untuk memecahkan suatu masalah dan meraih peluang pasar dalam lingkungan bisnis lokal dan nasional. Selain itu, mahasiswa juga diharapkan memiliki hal-hal berikut ini: (1) mendiagnosis masalah, mengidentifikasi peluang, dan mengklasifikasikan sebuah hasil penelitian, serta menjelaskan metode riset serta implikasi praktik; (2) Mahasiswa suka mengintegrasikan jurnal; (3) perilaku tertentu, meliputi kejujuran, keberanian mengemukakan pendapat (diskusi di kelas dan di laboratorium komputer), ketepatan waktu penyerahan tugas, serta kritis dan analitis. Pencapaian tujuan pembelajaran pada mata kuliah ini tidak hanya ditekankan pada materi-materi yang bersifat kognitif (knowledge & abilities), melainkan juga dilengkapi dengan keahlian-keahlian atau keterampilan-keterampilan (skills), perilaku-perilaku atau sikap (behaviors/attitudes) tertentu.

Capaian Pembelajaran

Setelah mengikuti kuliah ini, mahasiswa akan mampu merancang suatu sistem informasi manajemen yang dapat membantu manajer dalam menjalankan tugas, mahasiswa diharapkan memiliki hal-hal berikut ini : 1) keahlian/ketrampilan (skills) tertentu, meliputi : merancang (set) dan merespons secara terarah (guided response); 2) perilaku/sikap (behavior/attitude) tertentu, meliputi memberi respons (responding) dan memberi nilai (valuing).Hal ini dikomunikasikan dalam tugas kelompok berbentuk rencana pengembangan sistem manajemen. Capaian pembelajaran mata kuliah dapat dipecah menjadi beberapa kompetensi dasar (kemampuan akhir yang diharapkan), yaitu: Mahasiswa mampu menjelaskan alur penelitian dalam sebuah jurnal (KK1,KK6,S8) Mahasiswa mampu mengklasifikasikan dan merinci topik terbaru dalam jurnal (KU5,KK6,P5) Mahasiswa mampu menghubungkan lingkungan pemasaran dengan hasil jurnal pemasaran sesuai masalah yang dihadapi (KU5,KK6,P5) Mahasiswa mampu menganalisis keterkaitan beberapa jurnal (KK1,KU7,S8,P5) Mahasiswa mampu mendiagnosis masalah, mengidentifikasi peluang, dan mengklasifikasikan sebuah hasil penelitian, serta menjelaskan metode riset serta implikasi praktik (KK6,KU5,KU7,S8,P5)

Pengetahuan Awal

Prasyarat formal mata kuliah ini adalah telah menempuh mata kuliah perilaku konsumen. Riset pemasaran, dan strategi pemasaran. Selain syarat formal tersebut, mahasiswa diharapkan memiliki kemampuan membaca teks akademik dalam bahasa Indonesia maupun Inggris. Calon peserta kuliah diharapkan juga memiliki keterampilan menjalankan computer dan akses internet yang baik,terutama untuk mencari informasi di internet dan membuat tugas dan melakukan presentasi.

Referensi Umum

  • Referensi utama kuliah ini adalah jurnal-jurnal yang ada di Elsevier dan Emerald publications dalam kurun waktu 5 tahun terakhir.(1830)

Referensi Buku Pustaka

    Update: 2024-07-27 00:45:03 sesuai RPS Online