1302M05B MANAJEMEN INOVASI

Mata kuliah Manajemen Inovasi bertujuan untuk menciptakan minimum viable product (MVP) melalui strategi pengembangan produk dan layanan inovatif yang berfokus pada kebutuhan pelanggan. Mahasiswa akan belajar tentang konsep manajemen inovasi, mengidentifikasi masalah dari perspektif pelanggan, memberikan solusi menggunakan metode design thinking, mengembangkan ide bisnis dan prototype. Mahasiswa akan merealisasikan rencana pengembangan tersebut dengan menguji product fit (ketepatan produk) berupa MVP dan desirability (kelayakan pelanggan, teknis, dan bisnis) sehingga diperoleh model bisnis yang paling tepat. Capaian pembelajaran program studi yang dicapai adalah S5, S6, S10, PP2, PP3, PP6, PP10, KK1, KK3, KK8, KK9, KK10, KU1, KU5, KU8 KU10, KU11, KU12, KU13

Capaian Pembelajaran

-[CPMK1] Mahasiswa mampu menunjukkan hubungan antara konsep manajemen inovasi dengan model bisnis (S5, S6, PP2, PP3, KK1, KK3, KU1). -[CPMK2] Mahasiswa mampu mengidentifikasi masalah dan kebutuhan pelanggan serta membuat solusi dengan mengaplikasikan uji asumsi awal untuk menjawab berbagai macam permasalahan dengan menggunakan metode design thinking yaitu observasi, interview, empathy dan insights (S5, S6, PP2, PP3, PP6, KK1, KK3, KK8, KU1, KU5, KU8). -[CPMK3] Mahasiswa mampu menciptakan proposisi nilai sebagai esensi bisnis dan merencanakan berbagai saluran (channel) untuk dapat menyampaikan value produk dan layanan pada pelanggan (S5, S6, S10, PP2, PP3, PP6, KK1, KK3, KK8, KK9, KU1, KU5, KU8, KU10, KU11). -[CPMK4] Mahasiswa mampu mendesain prototype produk dan layanan (S5, S6, S10, PP2, PP3, PP6, KK1, KK3, KK8, KK9, KU1, KU5, KU8, KU10, KU11, KU12). -[CPMK5] Mahasiswa mampu mengembangkan ide bisnis berupa MVP yang diujikan secara langsung ke target pasar (S5, S6, S10, PP2, PP3, PP6, PP10, KK1, KK3, KK8, KK9, KK10, KU1, KU5, KU8, KU10, KU11, KU12, KU13). -[CPMK6] Mahasiswa mampu mengevaluasi MVP dari segi kelayakan pelanggan, kelayakan teknis dan kelayakan bisnis (S5, S6, S10, PP2, PP3, PP6, PP10, KK1, KK3, KK8, KK9, KK10, KU1, KU5, KU8, KU10, KU11, KU12, KU13). -[CPMK7] Mahasiswa mampu membuat dan mempresentasikan model bisnis dan model pendapatan kepada calon investor dan stakeholders (S5, S6, S10, PP2, PP3, PP6, PP10, KK1, KK3, KK8, KK9, KK10, KU1, KU5, KU8, KU10, KU11, KU12, KU13).

Pengetahuan Awal

Mata kuliah Manajemen Inovasi (MI) merupakan salah satu mata kuliah dengan prasyarat mata kuliah: Design Thinking.

Referensi Umum

  • Artikel, berita, atau jurnal pendukung sesuai dengan kebutuhan mahasiswa.(1158)
  • Designing a Business & Insights for Innovation, IDEOU(1156)
  • Goffin, Keith & Mitchell Rick (2017). Innovation: Effective Strategy and Implementation, 3rd Edition, Palgrave, UK(1154)
  • Insights for Innovation, IDEOU(1161)
  • Lewrick, Michael; Link, Patrick & Leifer, Larry (2018). The Design Thingking Playbook, 3rd Edition, John Wiley&Son, Inc, USA(1159)
  • Osterwalder, Alex; Pigneur, Yves; Bernarda, Greg; Smith, Alan (2014). Value Proposition Design, John Wiley&Son, Inc, USA(1155)
  • The Lean StartUp: Agile Execution(1157)
  • Trot, Paul (2017). Innovation Management and New Product Development, 6th Edition, Pearson Education Ltd, UK.(1153)

Referensi Buku Pustaka

    Update: 2024-07-27 00:45:03 sesuai RPS Online