1303T01B AKUNTANSI KEUANGAN BERBASIS PASAR MODAL
Mata kuliah ini membahas isu"isu terbaru terkait bagaimana akuntansi keuangan berperan di pasar modal dan bagaimana akuntansi keuangan beradaptasi dengan kemajuan teknologi dan sains. Informasi akuntansi keuangan menimbulkan reaksi dari investor, para analis saham dan berbagai pihak terkait di pasar modal. Sebaliknya reaksi dari investor, analis dan pihak"pihak pengguna laporan keuangan akan mempengaruhi bagaimana informasi akuntansi itu akan disusun dan dipresentasikan oleh pihak manajemen. Dalam mata kuliah ini akan mempelajari isu"isu terkini mengenai berbagai fenomena timbal balik, aksi dan reaksi antara penyaji informasi keuangan dan para pengguna informasi tersebut di pasar modal seiring dengan berbagai kemajuan teknologi dan sains dewasa ini. Referensi yang digunakan adalah berbagai riset"riset terbaru mengenai isu"isu yang sedang berkembang sehingga memberi wawasan terkini bagi para peserta mata kuliah ini.
Capaian Pembelajaran
Mahasiswa diharapkan mampu (1) memahami kegunaan informasi keuangan di pasar modal serta (2) memahami bagaimana informasi akuntansi yang disajikan itu akan mempengaruhi perilaku investor, penyaji laporan keuangan maupun pihak"pihak terkait, serta (3) memahami bagaimana akuntansi berkembang mengikuti kemajuan teknologi dan sains.
Pengetahuan Awal
Persyaratan formal yang harus dipenuhi mahasiswa sebelum mengambil mata kuliah ini adalah lulus Mata Kuliah Akuntansi Lanjutan.
Referensi Umum
- Chu, J., Dechow, P. M., Hui, K. W., & Wang, A. Y. (2019). Maintaining a reputation for consistently beating earnings expectations and the slippery slope to earnings manipulatio. Contemporary Accounting Research, 36(4), 1966"1998.(4548)
- Cockcroft, S., & Russell, M. (2018). Big data opportunities for accounting and finance practice and research. Australian Accounting Review, 28(3), 323"333.(4570)
- Dickhaut, J., Basu, S., McCabe, K., & Waymire, G. (2010). Neuroaccounting: Consilience between the biologically evolved brain and culturally evolved accounting principles. Accounting Horizons, 24(2), 221"255.(4566)
- Hamilton, E. L., & Winchel, J. (2019). Investors Processing of Financial Communications: A Persuasion Perspective. Behavioral Research in Accounting, 31(1), 133"156.(4565)
- Havakhor, T., Rahman, M. S., Zhang, T., & Zhu, C. (2020). Big Data, Retail Investors, and Financial Markets. Retail Investors, and Financial Markets (SSRN March 26, 2020).