1801B101 Packaging Design

Mata kuliah ini memberikan gambaran dan pengetahuan secara khusus tentang packaging/kemasan. Bagaimana cara mendesain kemasan sebagai sebuah produk yang mampu menjual dirinya sendiri dan material apa saja yang relevan dengan produk di dalamnya. Dunia kemasan sangat luas sehingga mahasiswa perlu diperkenalkan pada bentuk-bentuk-bentuk kemasan dan material yang dapat digunakan dalam dunia kerja. Selain itu melalui mata kuliah ini, mahasiswa akan bereksplorasi dengan beragam gaya desain sehingga menstimulasi mereka agar kreatif menciptakan bentuk kemasan baru dengan desain yang unik. Adapun dalam mata kuliah ini, mahasiswa akan mendapatkan pengetahuan untuk membuat struktur dan grafis pada packaging, baik untuk primary packaging ataupun secondary packaging. Mahasiswa juga akan mendapatkan pengetahuan untuk mengolah perlengkapan penunjang packaging untuk melalui proses pengiriman seperti sticker, isolasi, bungkus plastik, dan juga berbagai kebutuhan lainnya. Selain itu, dalam mata kuliah ini juga terdapat pengembangan soft skill dalam manajemen diri karena terdapat tugas mingguan, tugas besar, dan kelas mandiri bersama asisten. Dalam proses belajar mengajar juga akan dikembangkan soft skill bekerja sama dalam tim terkait tugas kelompok. Dalam kegiatan mempresentasikan tugas akan mengembangkan soft skill mahasiswa dalam kemampuan berkomunikasi, serta meningkatkan kepercayaan diri mahasiswa.

Capaian Pembelajaran

Capaian pembelajaran lulusan yang diharapkan dari mata kuliah ini adalah : CP 2 : Memahami berbagai metodologi desain dan dapat memilih sesuai dengan proses desain produk yang akan dikerjakan (B) CP 3 : Memahami konsep desain untuk diaplikasikan dalam proses desain produk yang ditunjang dengan aspek desain. (C) CP 4 : Memahami metode riset untuk diaplikasikan dalam mencari data dan/atau menguji aspek desain yang menunjang proses desain (D) CP 5 : Mengerti proses produksi skala besar, memahami cara penggunaan peralatan produksi skala industri kecil (E) CP 6 : Mampu memimpin dan mengorganisir proyek desain dan proses produksi dalam skala kecil (F) CP 10 : Mampu mempresentasikan proses desain dan manajemen produk dalam bentuk laporan desain dan visualisasi produk (J) Mata kuliah ini merupakan salah satu mata kuliah pilihan yang dapat membantu menunjang mata kuliah Desain Produk, Kerja Praktek, Riset Desain, dan Tugas Akhir. Capaian akhir yang diharapkan adalah mahasiswa dapat membuat suatu desain packaging baik primary packaging maupun secondary packaging untuk berbagai kebutuhan Adapun kebutuhan tersebut dijabarkan dalam Kompetensi Dasar (KD) sebagai berikut : ● Mahasiswa dapat menerapkan proses studi analisa visual dan eksperimen untuk membuat packaging (BD) ● Mahasiswa dapat membuat konsep desain packaging untuk menambah nilai jual produk (C) ● Mahasiswa dapat menganalisis struktur packaging (EF) ● Mahasiswa dapat mendokumentasikan dan mempresentasikan packaging dalam portfolio (J) Proses pembelajaran dalam mata kuliah : ● Fokus dalam pembelajaran ini adalah Project Based Learning. Metode penyampaian yang digunakan adalah dengan menggunakan case study.

Pengetahuan Awal

Prasyarat untuk mengambil Mata Kuliah Packaging Design adalah sudah mengambil minimal 75 sks mata kuliah wajib.

Referensi Umum

  • Alan Swann, 1997. The New Graphic Design School. London : Quarto Publishing.(5164)
  • Marianne Rosner Klimchuk & Sandra A. Krasovec, 2007. Desain Kemasan : Perencanaan Merek Produk yang Berhasil Mulai dari Konsep sampai Penjualan. Jakarta : Penerbit Erlangga.(5163)
  • Yasaburo Kuwayama, 1988. Trademarks & Symbols of The World. Japan : Kashiwa-shobo Co., Ltd.(5165)

Referensi Buku Pustaka

    Update: 2024-07-27 00:45:05 sesuai RPS Online