1802B051 Fashion Branding
Mata Kuliah Fashion Branding memberikan wawasan kepada mahasiswa tentang cara membangun sebuah merek fashion agar mampu memimpin di tengah peperangan produk sejenis dalam masyarakat. Fashion Branding mendukung capaian pembelajaran lulusan sebagai berikut : PP2 Menguasai konsep teoritis secara umum manajemen pemasaran dan siklus hidup produk fesyen. PP3 Menguasai metodologi penelitian desain dan riset pasar. KK4 Mampu mengevaluasi hasil rancangan fesyen dan produk lifestyle dari sudut pandang estetika, ekonomi, pengguna, sosial-budaya, dan lingkungan dengan melakukan pengujian rancangan dan prototype. KK5 Mampu merancang dan melaksanakan upaya pemasaran, meliputi perancangan strategic launch planning; mempersiapkan, melaksanakan, dan mengevaluasi launching produk; market testing; sekaligus mampu menyusun siklus hidup fesyen dan produk lifestyle serta melakukan upaya-upaya untuk menjaga keberlanjutan produk di pasar. Disamping materi tentang fashion branding, juga terdapat pengembangan soft skill seperti menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri, juga bagaimana bekerja sama dalam kelompok. Branding merupakan salah satu tahapan penting dalam manajemen dan strategi pemasaran produk fashion. Tanpa adanya proses branding, sebuah produk baik berupa barang ataupun jasa dapat dikatakan tidak memiliki konsep dan arah yang jelas. Akibatnya produk yang diluncurkan ke tengah masyarakat akan mengalami krisis identitas dan gagal di pasar konsumer. Melalui mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu merancang sebuah strategi untuk memasarkan produk fashion agar memiliki nilai jual dalam masyarakat. Selama satu semester mahasiswa akan belajar untuk memahami tentang brand dan branding, khususnya dalam dunia fashion, baik secara teori maupun konseptual. Teknik dan metode yang dipelajari pada mata kuliah ini akan dapat digunakan sebagai penunjang untuk mata kuliah yang berkaitan dengan manajemen produk.
Capaian Pembelajaran
Setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa akan mampu menguasai konsep teoritis secara umum manajemen pemasaran dan siklus hidup produk fesyen; mampu merancang dan melaksanakan upaya pemasaran, meliputi perancangan strategic launch planning; mempersiapkan, melaksanakan, dan mengevaluasi launching produk; market testing; sekaligus mampu menyusun siklus hidup fesyen dan produk lifestyle serta melakukan upaya-upaya untuk menjaga keberlanjutan produk di pasar; dan menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri. Capaian pembelajaran mata kuliah dapat dipecah menjadi beberapa kompetensi dasar (kemampuan akhir yang diharapkan), yaitu: KD 1 Mampu mengidentifikasi merek dan karakteristiknya, khususnya dalam dunia fashion, serta dapat memahami unsur-unsur dan konsep yang terdapat pada ekuitas brand. KD 2 Menganalisis kebutuhan pasar dan memberikan solusi untuk menjawab kebutuhan tersebut. KD 3 Mendesain sebuah strategi branding yang efektif dan efisien, dalam arti tepat guna, tepat waktu serta tepat nilai. KD 4 Mahasiswa mampu mengevaluasi strategi yang telah dirancang.
Pengetahuan Awal
Tidak Ada
Referensi Umum
- Aaker, D. A., Measuring Brand Equity Across Products and Markets, California Management Review, vol. 38, no. 3, 1996(2773)
- Alina Wheeler, 2016. Designing Brand Identity : An Essential Guide for the Whole Branding Team.John Wiley and Sons; 4th ed edition (November 6, 2012)(2768)
- Donald A. Miller., 2017. Building a StoryBrand: Clarify Your Message So Customers Will Listen.(2769)
- Duane E. Knapp, 2000. The Brand Mindset. England : The McGraw-Hill Companies, Inc.(2771)
- Hermawan Kartajaya, 2004. Seri 9 Elemen Marketing : 1. Brand. Bandung : PT. Mizan Pustaka.(2772)
- Kevin Keller, 2013. Strategic Brand Management. Pearson(2774)
- Radim Malinic,2019.Book of Branding - a guide to creating brand identity for startups and beyond(2770)