1801B102 Visual Merchandising
Visual merchandising merupakan salah satu cara untuk memasarkan produk atau jasa dengan cara menampilkan presentasi visual pada outlet penjualan. Di dalam presentasi visual tersebut terdapat kolaborasi antara produk, tata ruang, dan lingkungan, yang dapat menstimulasi peningkatan penjualan produk atau jasa. Mata kuliah Visual Merchandising memberikan wawasan kepada mahasiswa bagaimana memanfaatkan hal-hal lain diluar produk inti sehingga membentuk suatu kesatuan yang pada akhirnya dapat mendorong terjadinya transaksi jual-beli produk dengan cara menampilkan presentasi visual pada outlet penjualan. Mata kuliah ini menunjang capaian lulusan (CPL) sebagai berikut : PP2 Menguasai konsep teoritis secara umum manajemen pemasaran dan siklus hidup produk fesyen. KK5 Mampu merancang dan melaksanakan upaya pemasaran, meliputi perancangan strategic launch planning; mempersiapkan, melaksanakan, dan mengevaluasi launching produk; market testing; sekaligus mampu menyusun siklus hidup fesyen dan produk lifestyle serta melakukan upaya-upaya untuk menjaga keberlanjutan produk di pasar. KK6 Mampu meningkatkan nilai produk akhir dengan mendayagunakan unsur-unsur komunikasi visual. Disamping itu, juga terdapat pengembangan soft skill seperti menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri. Mata kuliah ini memberikan wawasan kepada mahasiswa bagaimana mengintegrasikan produk dan hal-hal yang menunjang seperti presentasi visual produk, tata ruang dan lingkungan outlet sehingga membentuk suatu kesatuan yang pada akhirnya dapat mendorong terjadinya transaksi jual-beli produk. Selama satu semester mahasiswa akan belajar untuk memahami tentang Customer experience, display design, space planning principles, dan displaying merchandise. Teknik dan metode yang dipelajari pada mata kuliah ini akan dapat digunakan sebagai penunjang untuk mata kuliah yang berkaitan dengan manajemen pemasaran produk.
Capaian Pembelajaran
Mahasiswa mampu mengintergasikan produk dengan hal-hal yang menunjang seperti presentasi visual produk, tata ruang, dan lingkungan outlet sehingga membentuk kesatuan yang pada akhirnya dapat mendorong terjadinya transaksi. Capaian pembelajaran mata kuliah dapat dipecah menjadi beberapa kompetensi dasar (kemampuan akhir yang diharapkan), yaitu: KD 1 Mahasiswa mampu memahami kebutuhan promosi sebuah produk baik berupa barang maupun jasa serta memahami dasar dari visual merchandising sebagai bentuk presentasi produk yang menunjang kebutuhan promosi. KD 2 Mengenal dan memahami teori presentasi produk. KD 3 Mampu menciptakan sebuah integrasi yang baik antara produk, tata ruang, dan lingkungan. KD 4 Mampu merancang konsep dan strategi visual merchandising yang dibutuhkan brand dengan memperhitungkan kebutuhan baik dari sisi customer maupun dari sisi retail. S
Pengetahuan Awal
Tidak Ada.
Referensi Umum
- Silent Selling, by Judith Bell and Kate Ternus - Fairchild Publications, Inc. 2006(5074)
- Visual Merchandising: Windows and In-Store Displays for Retail, by Tony Morgan - Laurence King Publishers, 2008(5072)
- Window Display: New Visual Merchandising, by Tony Morgan - Laurence King Publishers, 2010(5073)
Referensi Buku Pustaka
- Morgan, Tony, et al..(2016).Visual Merchandising, Third edition..ISBN 9781780676876.
- Morgan, Tony, et al..(2010).Window Display..ISBN 9781856696852.