1302J02B MANAJEMEN PEMBELIAN DAN SEDIAAN
Mata kuliah Manajemen Pembelian dan Sediaan bertujuan mempelajari konsep mengelola pembelian bahan baku/material/barang/jasa dengan mempertimbangkan kuantitas bahan baku/material/barang/jasa untuk menghasilkan/menyediakan barang dan/atau jasa yang dibutuhkan sebagai sebuah bisnis, sehingga sebuah organisasi bisnis mampu mewujudkan tujuannya.. Pemasok dan Konsumen yang merupakan rangkaian bisnis harus didukung kerjasama yang dibentuk sebagai kolaborasi sehingga setiap entitas bisnis terpelihara sesuai tujuan masing-masing mapupun bersama. Capaian pembelajaran program studi yang dicapai adalah S3, S6, S9, PP1, PP10, KK1, KK3, KK10, KU1, KU2, KU8, KU9, KU12
Capaian Pembelajaran
- [CPMK1] Mahasiswa memahami konsep manajemen pembelian sesuai dengan fungsi pembelian.. S3, S6, PP1, KK1, KK10, KU1 - [CPMK2] Mahasiswa mampu memahami konsep penilaian pemasok agar rencanaan produksi terwujud dengan sangkil dan mangkus melalui sebuah rangkaian prosedur baku tertentu.. S6, S9, PP1, PP10, KK1, KK3, KK10, KU2, KU8, KU9, KU12 - [CPMK3] Mahasiswa mampu memahami konsep pengelolaan sediaan dengan didukung beragam paradigma awal sampai kini yang mempertimbangkan kesangkilan dan kemangkusan. S6, S9, PP1, PP10, KK1, KK3, KK10, KU2, KU8, KU9, KU12 - [CPMK4] Mahasiswa mampu membedakan karakteristik sediaan yang sangat terkait dengan strategi bisnis yang lazim.. S6, S9, PP1, PP10, KK1, KK3, KK10, KU2, KU8, KU9, KU12 - [CPMK5] Mahasiswa mampu membandingkan kenyataan yang terjadi dengan hal yang didapat selama kuliah. S3, S6, S9, PP1, PP10, KK1, KK3, KK10, KU2, KU8, KU9, KU12
Pengetahuan Awal
Mata kuliah Manajemen Pembelian dan Sediaan dengan persyaratan mata kuliah Manajemen Operasi.
Referensi Umum
- Benton Jr, W. C. (2020). Purchasing and supply chain management. SAGE Publications.(1003)
- Johnston, Robert and Clark, Graham, 2001, Service Operations Management, Financial Times, Prentice Hall.(1005)
- Slack, Nigel and Brandon-Jones, Alistair, 2018, Operation and Process Management, Principles and Practice for Strategic Impact, Fifth Edition, Pearson.(1013)
- Waters, D. (2008). Inventory control and management. John Wiley & Sons.(1004)