1302M21B PERILAKU KONSUMEN

Mata kuliah ini dirancang untuk memberikan pemahaman tentang perilaku konsumen, pentingnya studi perilaku konsumen, metode dan proses penelitian konsumen, faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen yang meliputi faktor internal /kejiwaan (psychological factors) dan faktor eksternal/sosial budaya. Mata kuliah ini diharapkan memberikan keterampilan generik (soft skill), yaitu kerja sama kelompok, keterampilan dan keberanian berkomunikasi baik secara tertulis maupun lisan, serta tanggung jawab. Pentingnya pemahaman akan perilaku konsumen akan menjadi informasi penting dalam menyusun strategi pemasaran yang berbasis kebutuhan dan keinginan konsumen.

Capaian Pembelajaran

Mampu menganalisis perilaku konsumen berdasarkan faktor-faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi perilaku konsumen. Mata kuliah ini menyumbang pada pengembangan capaian pembelajaran program studi (kompetensi lulusan), yaitu mampu menguasai pengetahuan tentang fungsi bisnis dan ilmu manajemen yang sesuai dengan dinamika bisnis nasional dan global. Secara khusus menguasai ilmu perilaku konsumen yang bermanfaat dalam penyusunan strategi pemasaran.baik di tingkat nasional maupun global. Capaian pembelajaran mata kuliah dapat dipecah menjadi beberapa kompetensi dasar (kemampuan akhir yang diharapkan), yaitu: A. Mampu menjelaskan apa yang dimaksud dengan perilaku konsumen serta pentingnya studi perilaku konsumen bagi pemasar (S6, PP1, PP4, KK1, KU1, KU2) B. Mampu menjelaskan jenis,aliran, metode, serta proses penelitian perilaku konsumen yang pada akhirnya akan digunakan dalam strategi segmentasi pasar (S6, PP1, PP4, KK1, KU1, KU2) C. Mampu mengungkapkan implikasi faktor-faktor internal yang mempengaruhi perilaku konsumen di bidang pemasaran (S6, PP1, PP4, KK1, KU1, KU2) D. Mampu mengungkapkan implikasi faktor-faktor eksternal yang mempengaruhi perilaku konsumen di bidang pemasaran (S6, PP1, PP4, KK1, KU1, KU2) E. Mampu mengidentifikasi berbagai faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam proses pengambilan keputusan konsumen berdasarkan kategori pengadopsi produk , dan berbagai model pengambilan keputusan konsumen. (S6, PP1, PP4, KK1, KU1, KU2) F. Untuk keterampilan generik, setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa akan mampu bekerja sama kelompok ( sekitar 8 mahasiswa) dalam kurun waktu 6 minggu untuk mengerjakan tugas melakukan studi/riset perilaku konsumen, menyusun dan membuat laporan hasil penelitian dan pengamatan, berdiskusi, merespon secara terarah.

Pengetahuan Awal

Prasyarat formal untuk mengikuti mata kuliah ini adalah mahasiswa sudah mengikuti mata kuliah Manajemen Pemasaran. Selain prasyarat formal tersebut, diperlukan prasyarat nonformal yang mana diharapkan calon peserta kuliah mau dan mampu membaca teks akademik tingkat dasar dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Calon peserta kuliah juga diharapkan memiliki keterampilan komputer tingkat dasar untuk bisa mengoperasikan browser internet, membuat dan mengunggah makalah, dan mengakses fasilitas e-learning Ubaya.

Referensi Umum

Referensi Buku Pustaka

Update: 2024-07-27 00:45:03 sesuai RPS Online