1302G41B MANAJEMEN HOTEL

Mata kuliah Manajemen Hotel bertujuan untuk menciptakan ide bisnis penginapan atau hotel. Mahasiswa akan belajar konsep manajemen hotel, struktur organisasi, administrasi dan pengelolaan manajemen bisnis hotel meliputi perencanaan bisnis hotel, operasional, pemasaran, keuangan dan manajemen informasi perhotelan. Mahasiswa juga diberikan pembekalan berupa kunjungan atau hotel/ lodging visit dan praktek simulasi pengelolaan bisnis penginapan. Mahasiswa diharapakan akan memiliki pengalaman mengelola bisnis hotel sederhana dengan mengambil mata kuliah ini. Capaian pembelajaran program studi yang dicapai adalah S6, S9, S10, PP1, PP2, PP3, PP8, PP10, KK1, KK3, KK8, KK9, KK10, KU1, KU8 KU10, KU11, KU12, KU13

Capaian Pembelajaran

- [CPMK1] Mahasiswa mampu menjelaskan berbagai konsep dasarManajemen Hotel (S6, PP1, PP2, PP3, KK1, KK3, KU1). - [CPMK2] Mahasiswa mampu menganalisis konsep manajemen bisnis hotel pada aspek SDM, Operasional, Pemasaran dan Keuangan (S6, PP1,PP2, PP3, PP6, KK1, KK3, KK8, KU1, KU8). - [CPMK3] Mahasiswa mampu menggabungkan konsep manajemen hotel, food & Beverages (F&B) management, service & hospitality untuk pengelolaan hotel (S6, S9, S10, PP1, PP2, PP3, PP8, PP10, KK1, KK3, KK8,KK9, KK10, KU1, KU8 KU10, KU11, KU12, KU13) - [CPMK4] Mahasiswa mampu membuat ide bisnis dan pengelolaan penginapan/ hotel serta layanan (S6, S9, S10, PP1, PP2, PP3, PP8, PP10, KK1, KK3, KK8, KK9, KK10, KU1, KU8 KU10, KU11, KU12, KU13)

Pengetahuan Awal

Mata kuliah Manajemen Hotel (MH) merupakan salah satu mata kuliah pilihan konsentrasi Manajemen Layanan dan Pariwisata dengan prasyarat mata kuliah: Manajemen Operasi.

Referensi Umum

  • Artikel, berita, atau jurnal pendukung sesuai dengan kebutuhan mahasiswa.(1128)
  • Case Study(1130)
  • General manajer sharing(1131)
  • Hayes, David K., Jack D. Ninemeier, Allisha A. Miller (2017). Hotel Operations Management, 3rd Edition, Pearson.(1125)
  • Hotel business plan ppt(1136)
  • Hotel visit(1133)
  • Kuliah tamu/lapangan(1135)
  • Magnini P.Vincent; Simon J. Carol (2016). A Hotel Manager's Handbook. Apple Academic Press, Inc. US.(1127)
  • O'Fallon, Michael J., Denney G. Rutherford (2011). Hotel Management And Operation, 5th Edition, John Wiley & Sons, Inc, Hoboken New Jersey.(1126)
  • Observasi hotel(1134)
  • Praktek simulasi service(1132)
  • Video(1129)

Referensi Buku Pustaka

    Update: 2024-07-27 00:45:03 sesuai RPS Online