1302L03B MANAJEMEN HUBUNGAN PELANGGAN

Mata kuliah Manajemen Hubungan Pelanggan bertujuan untuk membekali mahasiswa memahami pentingnya pelanggan bagi perusahaan. Mata kuliah ini membahas mengelola hubungan pelanggan yang dilakukan perusahaan. Diawali dengan pentingnya strategi mengelola hubungan pelanggan hingga penerapan pengelolaan hubungan di perusahaan. Mahasiswa diharapkan juga mampu mengenali keberhasilan dan kegagalan penerapan konsep manajemen hubungan pelanggan dalam perusahaan. Capaian pembelajaran program studi yang dicapai adalah S3, S5, S6, S8, S9, PP2, PP3, PP5, PP6, PP8, PP9, PP10, KK2, KK3, KK5, KK6, KK7, KU1, KU2, KU3, KU4, KU5, KU6, KU7, KU8, KU10, KU11

Capaian Pembelajaran

- [CPMK1] Mahasiswa mampu mengidentifikasi konsep manajemen hubungan pelanggan.( S3, S5, S6, S8, S9, PP2, PP3, PP5, PP6, PP8, PP9, PP10, KK2, KK3, KK5, KK6, KK7, KU1, KU2, KU3, KU4, KU5, KU6, KU7, KU8, KU10, KU11). -[CPMK2] Mahasiswa mampu mengembangkan strategi dan operasional manajemen hubungan pelanggan di suatu perusahaan (S3, S5, S6, S8, S9, PP2, PP3, PP5, PP6, PP8, PP9, PP10, KK2, KK3, KK5, KK6, KK7, KU1, KU2, KU3, KU4, KU5, KU6, KU7, KU8, KU10, KU11). -[CPMK3] Mahasiswa mampu mengidentifikasi pelanggan perusahaan dan melakukan analitik dalam mengelola hubungan dengan pelanggan (S3, S5, S6, S8, S9, PP2, PP3, PP5, PP6, PP8, PP9, PP10, KK2, KK3, KK5, KK6, KK7, KU1, KU2, KU3, KU4, KU5, KU6, KU7, KU8, KU10, KU11). -[CPMK4] Mahasiswa mampu mengidentifikasi keberhasilan dan kegagalan perusahaan dalam menerapkan konsep manajemen hubungan pelanggan. (S3, S5, S6, S8, S9, PP2, PP3, PP5, PP6, PP8, PP9, PP10, KK2, KK3, KK5, KK6, KK7, KU1, KU2, KU3, KU4, KU5, KU6, KU7, KU8, KU10, KU11).

Pengetahuan Awal

Mata kuliah manajeman hubungan pelanggan merupakan salah satu mata kuliah dengan prasyarat mata kuliah dasar antara lain: manajemen operasi.

Referensi Umum

  • Buttle, Francis dan Maklan, Stan. 2015. Customer Relationship Management Concept and Technologies 3rd. Routledge. New York.(1145)
  • Kumar, V dan Reinartz, Werner. 2012. Customer Relationship Management: Concept, Strategy and Tools 2nd. Springer Haidelberg. New York Dosrdrecht London.(1146)
  • Website perusahaan yang menerapkan CRM(1147)

Referensi Buku Pustaka

Update: 2024-07-27 00:45:03 sesuai RPS Online