1802B064 Retail Management

Seorang desainer adalah produsen produk desain yang menyesuaikan dengan permintaan pasar. Sehingga, mempelajari konsep dasar dan teknik desain saja tidak cukup. Ilmu mengenai industri fesyen dan konsep manajerial dalam bisnis fesyen perlu diketahui oleh seorang desainer fesyen agar tidak hanya mampu mencipta, namun mampu membuat bisnis fesyen yang sustain. Mata kuliah Retail Manajemen memberikan ilmu dasar teori mengenai manajemen ritel fesyen, mulai dari mempelajari kondisi lingkungan bisnis ritel fesyen, merancang, menjalankan dan mengembangkan strategi - strategi bisnis ritel fesyen hingga mengevaluasi hasil perancangan strategi tersebut. Capaian pembelajaran program yang sesuai untuk mata kuliah ini adalah: - Menguasai konsep teoritis secara umum manajemen pemasaran dan siklus hidup produk fesyen (PP2) - Mampu merancang dan melaksanakan upaya pemasaran, meliputi perancangan strategic launch planning; mempersiapkan, melaksanakan, dan mengevaluasi launching produk; market testing; sekaligus mampu menyusun siklus hidup fesyen dan produk lifestyle serta melakukan upaya-upaya untuk menjaga keberlanjutan produk di pasar (KK5)

Capaian Pembelajaran

Capaian Pembelajaran dalam mata kuliah ini adalah: Mahasiswa memahami konsep teoritis dasar mengenai manajemen ritel fesyen serta menganalisa lingkungan ritel fesyen sebagai dasar perancangan strategi bisnis ritel fesyen yang mengedepankan pemanfaatan teknologi dan menerapkan konsep dasar, hasil analisa dan rancangan strategi tersebut untuk membuat perancangan model ritel fesyen. Capaian pembelajaran utama ini dipecah dalam beberapa kompetensi dasar mata kuliah, yaitu: A. Mampu menganalisa kondisi lingkungan masyarakat ekonomi ritel fesyen baik makro maupun mikro B. Mampu merancang strategi manajemen ritel fesyen berdasarkan hasil analisa lingkungan ritel C. Mampu mengembangkan strategi manajemen ritel fesyen ke dalam bentuk upaya - upaya pemasaran dengan memanfaatkan teknologi digital. D. Mampu mengevaluasi hasil perancangan strategi dari sudut pandang ekonomi serta merancang strategi pengembangan ritel fesyen berikutnya.

Pengetahuan Awal

Tidak Ada

Referensi Umum

Referensi Buku Pustaka

    Update: 2024-07-27 00:45:05 sesuai RPS Online