1802B061 Fashion Communication
Perkuliahan ini membahas tentang teori dan ilmu tanda dalam komunikasi visual, dasar-dasar periklanan, strategi media dalam beriklan serta implementasi pembuatan iklan yang disesuaikan dengan kebutuhan industri mode. Fashion Communication merupakan tahap ketiga dari rangkaian mata kuliah terkait manajemen produk, setelah Desain Grafis dan Fashion Branding. Ketiga mata kuliah tersebut diawali dengan pembekalan keterampilan dasar dalam menciptakan karya komunikasi visual, pendalaman mengenai branding, dan bagaimana mengkomunikasikan sebuah brand/produk melalui pemilihan media yang tepat. Teori-teori yang dipelajari di dalam mata kuliah Fashion Communication dapat digunakan sebagai penunjang mata kuliah lain, khususnya yang berbasis proyek desain. Capaian pembelajaran program yang sesuai dengan mata kuliah ini adalah: a. Menguasai konsep teoritis desain fesyen dan produk lifestyle, analisis dan sintesis data perancangan, serta prinsip dan aspek-aspek desain (PP1). b. Menguasai konsep teoritis secara umum manajemen pemasaran dan siklus hidup produk fesyen (PP2). c. Mampu merancang dan melaksanakan upaya pemasaran, meliputi perancangan strategic launch planning; mempersiapkan, melaksanakan, dan mengevaluasi launching produk; market testing; sekaligus mampu menyusun siklus hidup fesyen dan produk lifestyle serta melakukan upaya-upaya untuk menjaga keberlanjutan produk di pasar (KK5). d. Mampu meningkatkan nilai produk akhir dengan mendayagunakan unsur-unsur komunikasi visual (KK6). e. Mampu menggunakan teknik, ketrampilan, dan peralatan terkini untuk praktek perancangan dan produksi fesyen dan produk lifestyle (KK7). Disamping itu, juga terdapat pengembangan soft skill seperti keterampilan berpikir serta menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
Capaian Pembelajaran
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) Fashion Communication adalah mahasiswa mampu menghasilkan rancangan iklan dengan pemilihan media yang tepat dalam upaya memasarkan produk mode dan gaya hidup di pasar konsumen. CPMK tersebut dapat dipecah menjadi beberapa kompetensi dasar (kemampuan akhir yang diharapkan), yaitu: (A) Memahami dasar-dasar periklanan. (B) Memahami peran teori komunikasi dan ilmu tanda dalam periklanan. (C) Mampu menerapkan strategi pemilihan media yang tepat. (D) Mampu merancang iklan sesuai dengan kebutuhan produk di pasar konsumen.
Pengetahuan Awal
Telah mengambil mata kuliah Fashion Branding dan lulus dengan nilai minimal D.
Referensi Umum
- Jefkins, Frank. 1997. Periklanan. Jakarta : Penerbit Erlangga.(4921)
- Kartajaya, Hermawan. 2004. Seri 9 Elemen Marketing : 1. Brand. Bandung : PT. Mizan Pustaka.(4919)
- Kasali Rhenald. 1998. Membidik Pasar Indonesia : Segmentasi, Targeting, Positioning. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.(4920)
- Posner, Harriet. 2011. Marketing Fashion. London: Laurence King Publishing Ltd.(4922)
- Rahmat, Jalaludin. 2005. Psikologi Komunikasi. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.(4923)
Referensi Buku Pustaka
- Jefkins, Frank, et al..(2000).Advertising..ISBN 9780273634355.
- Posner, Harriet, et al..(2015).Marketing Fashion, Second edition..ISBN 9781780675664.