1802B043 Local Content Design Project
Indonesia memiliki ragam budaya yang sangat kaya dan bervariasi. Setiap daerah masing-masing memiliki karakteristik budaya yang unik. Ragam budaya ini dapat dieksplorasi dan diangkat dalam bentuk koleksi desain fashion. Mata kuliah Local Content Design Project merupakan mata kuliah yang mengeksplorasi ragam budaya Indonesia dengan mengolahnya menjadi ide kreatif pada koleksi ready to wear for womenswear sehingga dapat diterima masyarakat luas. Mata kuliah Local Content Design Project disampaikan dengan metode lecturing dan peer-based learning, selain itu didukung juga dengan metode problem-based learning. Dengan demikian metode pembelajaran yang digunakan adalah aktif parsipatif sehingga mahasiswa memahami teori dan mengetahui aplikasi teori tersebut pada kondisi nyata. Mata kuliah Local Content Design Project bekerjasama dengan pengrajin/ UMKM lokal untuk mewujudkan material yang cocok digunakan untuk konsep yang diangkat. Selain itu, mahasiswa diajak untuk turut berkontribusi membantu perekonomian pengrajin/ UMKM lokal untuk terus menjaga ekosistem budaya agar terus berkelanjutan. Bahan kajian dalam mata kuliah ini, meliputi: 1. Market Research 2. Analisa trend forecasting 3. Eksplorasi ide dan konsep 4. Surface design 5. Analisa material 6. Perancangan produk Capaian Lulusan Prodi adalah : 1. Menguasai konsep teoritis desain fesyen dan produk lifestyle , analisis dan sintesis data perancangan, serta prinsip dan aspek-aspek desain. (PP 1) 2. Menguasai metodologi penelitian desain dan riset pasar. (PP 3) 3. Mampu mengidentifikasi kebutuhan pasar, membaca serta meramalkan tren pengembangan fesyen dan produk lifestyle melalui riset pasar kualitatif dan kuantitatif dan menerjemahkannya menjadi konsep desain yang inovatif dengan memperhatikan aspekaspek desain. (KK 1) 4. Mampu mengembangkan ide dan merancang fesyen dan produk lifestyle dengan memperhatikan aspek-aspek desain yang dikomunikasikan melalui digital dan/atau manual modeling 2 dan 3 dimensi.(KK 2)
Capaian Pembelajaran
Capaian Pembelajaran dalam mata kuliah ini adalah: Mahasiswa mampu mengeksplorasi budaya Indonesia menjadi sebuah ide/konsep untuk mewujudkan kedalam bentuk perancangan koleksi ready to wear for womenswear melalui pendekatan analisa trend forecasting dan market research. Kompentensi Dasar pada mata kuliah ini, adalah : a. Mahasiswa mampu mengeksplorasi ragam budaya Indonesia melalui pendekatan analisa trend forecasting dan market research sederhana. b. Mahasiswa mampu mewujudkan surface design pada material dan detail emblishment untuk perancangan koleksi ready to wear for womenswear melalui kolaborasi dengan pihak local artisan. c. Mahasiswa mampu merancang koleksi ready to wear for womenswear dari konsep budaya Indonesia dengan berbagai pendekatan studi desain dan produksi d. Mahasiswa mampu mempresentasikan koleksi Local Content Design Project kedalam portofolio digital.
Pengetahuan Awal
Mata kuliah ini mewajibkan mahasiswa harus LULUS pada matakuliah Rupa Dasar II dan Gambar Bentuk II dengan nilai minimal D
Referensi Umum
- David Downtown, 2010. Masters of Fashion Illustration. London: Laurence King Publishing.(4999)
- Drudi, Elisabetta Kuky & Paci, Tiziana, 2010, Figure Drawing For Fashion Design, Amsterdam : Pepin Press.(5004)
- Elisabetta Kuky Drudi & Tiziana Paci, 2010. Figure Drawing For Fashion Design. Amsterdam : Pepin Press.(4998)
- Gail Baugh, 2011. The Fashion Designers Textile Directory, The Creative Use of Fabrics in Design. London: Thames and Hudson.(5000)
- Julie Christine Cole & Sharon Czachor, 2009. Professional Sewing Techniques for Designers. New York: Fairchild Publishing.(5001)
- Olivier Gerval. 2009. Fashion: Concept to Catwalk. Singapore: Page One Publishing Pte. Ltd.(5005)
- Terry Flew, 2012. The Creative Industries, Culture and Policy. London: Sage Publishing.(5002)
- Tomoko Nakamichi, 2010. Pattern Magic. London: Laurence King Publishing Ltd.(5003)