1603C105 Market Research & CRM
Mata kuliah ini berfokus pada pelanggan (customer) sebagai stakeholder penting untuk keberlanjutan suatu organisasi. Bahasan mencakup dua bidang. Pertama ialah upaya mendapatkan keinginan dan kebutuhan pelanggan melalui market research. Kedua adalah upaya untuk mempertahankan pelanggan dengan customer relationship management. Mata kuliah ini berkontribusi pada kompetensi lulusan yaitu dengan memberikan konsep dan cara (tool) untuk mendapatkan kebutuhan konsumen dan mempertahankan konsumen yang merupakan aspek penting untuk keberlangsungan suatu organisasi bisnis.
Capaian Pembelajaran
1. Mampu mengidentifikasi pasar dan merancang CRM melalui serangkaian analisis ilmiah 2. Mampu menerapkan PESTLE analysis untuk identifikasi faktor eksternal yang mempengaruhi pemasaran produk 3. Mampu menerapkan identifikasi peluang bisnis 4. Mampu mengidentifikasi kebutuhan dan perilaku konsumen dalam menentukan CRM 5. Mampu menerapkan metode kuantitatif (survey) dan kualitatif ilmiah dalam mengidentifikasi pasar dan merancang CRM 6. Mampu menerapkan serangkaian metode statistik (kuantitatif) dalam menganalisis data hasil survey pasar dan CRM 7. Mampu mengidentifikasi segmen pasar melalui analisis multivariate 8. Mampu menganalisis positioning produk melalui analisis multivariate 9. Mampu mengidentifikasi hubungan antar faktor melalui analisis multivariate 10. Mampu menganalisis prediksi dan pembeda kategori konsumen melalui analisis diskriminan 11. Mampu menganalisis hubungan antar variabel melalui analisis SEM
Pengetahuan Awal
-
Referensi Umum
- 1. Malhotra, Naresh (2009) Marketing Research: An Applied Orientation, 6th Ed, Prentice Hall(5324)
- 2. Mooi, E. and Sarstedt, M (2011) A Concise Guide to Market Research, Springer (5325)
- 3. Hague, P. (2006) A practical guide to market research, Grosvenor House (5326)
- 4. Anderson, K and Kerr, C (2002) Customer Relationship Management, McGraw-Hill (5327)
- 5. Field, AP (2009) Discovering statistics using SPSS : (and sex, drugs and rock n roll), 3rd edn, SAGE Publications Ltd., London.(5328)
- 6. Hair, J, Hult, G, Ringle, CM & Sarstedt, M (2017) A primer on partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM), 2nd edn, Sage, Los Angeles.(5329)