1603C103 Lean Enterprise System

Mata kuliah ini mempelajari bagaimana konsep Lean Enterprise Systems dapat membantu perusahaan memberikan customer service and value yang lebih baik. Lean Enterprise Systems secara efektif mendemonstrasikan teknik-teknik yang diturunkan dari Lean Manufacturing dan Six Sigma, yang diintegrasikan dengan penerapan teknologi informasi, untuk meningkatkan kinerja perusahaan dan menambahkan nilai secara signifikan kepada konsumen.

Capaian Pembelajaran

Mahasiswa mampu menerapkan teknik dan alat yang diturunkan dari konsep lean dan six sigma sehingga dapat membantu organisasi mampu melakukan pengurangan waste dan peningkatan kualitas untuk meningkatkan daya saing di industri. CPMK ini dapat dicapat melalui 6 (enam) sub-CPMK atau Kompetensi Dasar (KD) berikut: CPMK 1. Mampu menerapkan cara berpikir lean dalam memaksimalkan value-added activities dan menekan waste, serta langkah-langkah pelaksanaannya CPMK 2. Mampu menggunakan berbagai alat lean baik untuk aktivitas analisis dan peningkatan berkesinambungan dalam memberikan nilai tambah bagi konsumen CPMK 3. Mampu memahami konsep 5S dan menerapkannya sebagai bagian dari aplikasi lean CPMK 4. Mampu memahami Six Sigma sebagai filosofi, metric dan metodologi CPMK 5. Mampu menjalankan siklus DMAIC (Define-Measure-Analyze-Improve-Control) beserta menggunakan alat Six Sigma untuk aktivitas analisis dan peningkatan CPMK 6. Mampu mengintegrasikan pendekatan lean dan six sigma untuk pada berbagai kasus di perusahaan yang dapat mendukung penerapan lean

Pengetahuan Awal

-

Referensi Umum

  • Artikel ilmiah (3251)
  • Laporan penelitian (3252)
  • [1] Bicheno, J. & Holweg, M., 2016, The Lean Toolbox: A Handbook for Lean Transformation, Fifth Edition, Buckingham: Systems and Industrial Engineering (PICSIE) Books.(3242)
  • [2] Womack, J. P. & Jones, D. T., 2003, Lean Thinking: Banish Waste and Create Wealth in Your Corporation, Second Edition, New York: Free Press, Simon & Schuster, Inc.(3243)
  • [3] Sgroi Jr. A., 2013, The Innovative Lean Enterprise: Using the Principles of Lean to Create and Deliver Innovation to Customers, Productivity Press(3244)
  • [4] Ohno, Taiichi (2007), Taiichi Ohno's Workplace Management, Gemba Press.(3245)
  • [5] Pyzdek, T., 2003, The Six Sigma Handbook, McGraw-Hill.(3246)
  • [6] Knowles, G., 2011, Six Sigma, Graeme Knowles & Ventus Publishing ApS(3247)
  • [7] Breyfogle III, Forrest W. (2003), Implementing Six Sigma: Smarter Solutions Using Statistical Methods, 2nd Edition, Wil

Referensi Buku Pustaka

Update: 2024-07-27 00:45:04 sesuai RPS Online