1603C102 New Product and Service Management
Mata Kuliah ini membekali mahasiswa dengan pengenalan dan pemahaman konsep manajemen produk dan layanan dalam lingkup sistem yang kompleks dan terintegrasi. Mahasiswa diharapkan mampu menguasai teknik dasar pengembangan dan pengelolaan produk dan jasa dengan memperhitungkan kebutuhan konsumen dan pasar. Selain itu, mahasiswa juga dibekali teknik perancangan perbaikan atribut produk dan jasa dengan memperhatikan efisiensi, efektivitas dan keterkaitan antar komponen (quality, cost & delivery) dalam tatanan sistem yang terintegrasi dan kompleks.
Capaian Pembelajaran
Mata Kuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman ke mahasiswa tentang konsumen dan pasar dalam interaksinya dengan sistem produk dan layanan yang semakin kompleks. Secar detil, untuk mencapai kompetensi tersebut maka diperlukan beberapa kompetensi dasar sebagai berikut: 1. Mahasiswa mampu memahami proses pembentukan produk baru mulai dari pencarian peluang , pembangkitan ide, sampai pada teknik peluncuran produk 2. Mahasiswa mampu membuat strategi perbaikan atribut produk serta teknik untuk peluncuran produk. 3. Memahami pentingnya industri layanan serta inovasi layanan sebagai competitive edge 4. Memahami bagaimana suatu perusahaan layanan tersebut melakukan identifikasi peluang bisnis dan inovasi serta melakukan langkah-langkah pengelolaannya 5. Mampu mengkomunikasikan langkah-langkah inovasi serta manajemen sektor layanan ke dalam tulisan dan secara lisan
Pengetahuan Awal
-
Referensi Umum
- 1. Crawford, Merle, Benedetto, Anthony Di, (2015) New Product Management, 11th ed., Mc. Graw-Hill.(3011)
- 2. Lovelock, C., Wirtz, J. (2015) "Services Marketing: People, Technology, Strategy", 8 th Edition, World Scientific. (3012)
- 3. Wirtz, J., Lovelock, C., (2018) "Essentials of Services Marketing", 3rd Edition, Pearson Education.(3014)