14990604 Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus dan Berbakatan

Mata kuliah Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus bertujuan untuk membentuk kompetensi dalam memahami konsep tentang karakteristik anak berkebutuhan khusus dan penanganan dalam layanan pendidikan yang sesuai kebutuhannya. Mata kuliah ini juga membekali mahasiswa untuk menunjukkan kemampuan dalam menyampaikan ide secara efektif dan efisien dengan bahasa baku yang tersaji secara lisan dan tulisan (kompetensi komunikasi). Mata kuliah ini merupakan mata kuliah pilihan yang menuntut pemahaman teori psikologi pendidikan dan teknik intervensi yang telah diperoleh pada semester sebelumnya yaitu : Pelatihan dan Pengembangan serta Coaching dan Konseling. Sasaran profil lulusan:Guru, Konselor

Capaian Pembelajaran

Mahasiswa mampu menganalisis mengidentifikasi dan merancang intervensi pembelajaran bagi siswa dengan kebutuhan khusus belajar. Untuk mencapai capaian pembelajaran tersebut, ada beberapa kompetensi yang perlu dikembangkan yaitu : 1. Mampu menjelaskan konsep perilaku, neurodevelopmental, kurikulum dan komponen-komponennya 2. Mampu merancang asesmen kebutuhan belajar siswa berdasarkan karakteristik dalam DSM 5 3. Mampu merancang kegiatan belajar bagi siswa dengan keterbatasan kecerdasan sesuai dengan kebutuhan khususnya 4. Mampu merancang kegiatan belajar bagi siswa dengan ADHD sesuai dengan kebutuhan khususnya 5. Mampu merancang kegiatan belajar bagi siswa dengan gangguan disleksia dan diskalkulia sesuai dengan kebutuhan khususnya 6. Mampu merancang kegiatan belajar bagi siswa autistik sesuai dengan kebutuhan khususnya 7. Mampu merancang kegiatan belajar bagi siswa berbakat intelektual sesuai dengan kebutuhan khususnya 8. Mampu menyampaikan hasil analisis kasus secara logis Mampu mempresentasikan hasil rancangan

Pengetahuan Awal

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah lanjut yang menuntut pemahaman teori-teori psikologi dan teknik intervensi yang telah diperoleh pada semester sebelumnya yaitu : Pelatihan dan Pengembangan serta Coaching dan Konseling.

Referensi Umum

  • Santrock, J.W., (2010). Educational Psychology. (13th ed.). University of Texas:Mc Graw Hill Weiten, W., (2010). Psychology Themes and Variations (8th ed.). USA: Wadsworth. Woolfolk, A. (2013). Educational Psychology (13th ed). Pearson DSM 5 (3898)

Referensi Buku Pustaka

    Update: 2024-07-27 00:45:03 sesuai RPS Online