14057605 Terapan Psikologi Sekolah
Mata kuliah Terapan Psikologi Sekolah bertujuan untuk membentuk kompetensi dalam merancang dan melakukan asesmen dan intervensi pada konteks sekolah. Area amatan dibedakan atas level siswa yang meliputi permasalahan belajar serta level kelas yang meliputi keterampilan guru dalam mengelola kelas dan menjelaskan. Mata kuliah ini membekali mahasiswa untuk menunjukkan kemampuan dalam menyampaikan ide secara efektif dan efisien dengan bahasa baku yang tersaji secara lisan dan tulisan (kompetensi komunikasi), mampu bekerja dalam kelompok yang memiliki keragaman latar belakang untuk pencapaian tujuan bersama (kompetensi kerjasama) yang terbentuk melalui proses penugasan.
Capaian Pembelajaran
Mahasiswa mampu mengidentifikasi kebutuhan belajar dan melakukan intervensi dalam konteks sekolah di kancah perkotaan. Untuk mencapai capaian pembelajaran tersebut, ada beberapa kompetensi yang perlu dikembangkan yaitu : 1. Kompetensi Asesmen Level siswa - Identifikasi potensi perkembangan dan masalah belajar. - Identifikasi problem pembelajaran yang terkait dengan sosial emosional (termasuk motivasi, self-efficacy, self regulated learning) berdasarkan konsep dan teori terkait. - Mampu memilih dan menggunakan alat asesmen yang sesuai dengan permasalahan belajar serta menginterpretasi hasilnya dengan menerapkan prinsip-prinsip psikodiagnostik yang relevan serta mengindahkan kaidah-kaidah etika profesi dalam proses asesmen. Level kelas - Identifikasi permasalahan pengajaran yang bersumber dari proses pembelajaran, misalnya: keterampilan manajemen kelas, keterampilan bertanya yang menstimulasi berbagai jenis keterampilan berpikir (misal: penggunaan thinkers key, membandingkan, kategorisasi, analogi, analisis) - Mampu memilih dan menggunakan alat asesmen yang sesuai dengan permasalahan pengajaran serta menginterpretasi hasilnya. 2. Kompetensi Intervensi Level siswa - Merancang program intervensi permasalahan belajar yang bersumber dari potensi siswa - Merancang program intervensi permasalahan belajar yang bersumber dari aspek sosial emosional siswa. - Merancang dan melakukan program psikoedukasi bagi siswa (sesuai permasalahan) Level kelas - Merancang intervensi untuk menangani masalah yang bersumber dari proses pembelajaran terkait dengan keterampilan manajemen kelas dan keterampilan bertanya yang menstimulasi keterampilan berpikir (termasuk taksonomi berpikir) 3. Kompetensi Softskill: Mahasiswa mampu menyampaikan gambaran fenomena kondisi psikososial di setting sekolah dengan kalimat yang baku (tatabahasa), efektif dan efisien, baik dalam bentuk lisan maupun tulisan.
Pengetahuan Awal
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah lanjut yang menuntut pemahaman teori-teori psikologi dan teknik asesmen serta intervensi yang telah diperoleh pada semester sebelumnya yaitu : Psikologi Pendidikan, Perkembangan Anak dan Remaja, Penyusunan Tes Psikologi, Coaching, Mentoring and Counseling.
Referensi Umum
- Santrock, J.W.(2010). Educational Psychology (13 th ed.)McGraw Hill.(6089)
- Weiten. W., (2010). Psychology Themes and Variations.USA;Wadsworth(6090)
- Woolfolk. A.,(2019).Educational Psychology(14th ed.).Pearson(6091)
Referensi Buku Pustaka
- Woolfolk, Anita, et al..(2018).Educational Psychology..ISBN 9780134774329.
- Santrock, John W., et al..(2017).Educational Psychology..ISBN 9781259870347.
- Weiten, Wayne, et al..(2016).Psychology: Themes and Variations..ISBN 9781305498204.