1306Y34A Quality of Work-life Management
Mata kuliah Kualitas Kehidupan Kerja atau pembelajaran tentang Quality of Work Life (QWL) merupakan sebuah bentuk fasilitasi belajar yang merefleksikan secara kritis tentang berbagai hal terkait mutu kehidupan kerja karyawan menurut konteks dunia industry dan konteks aktivitas berbagai badan usaha. Pembelajaran QWL dimaksudkan untuk memacu pembekalan pengetahuan-lanjut dan eksplorasi praktik terbaik disekitar "pengelolaan sumberdaya manusia (managing people) menurut sisi kajian peningkatan mutu kehidupan kerjanya." Peserta pembelajaran dipandu untuk mengeksplorasi dan mengkritisi hubungan antara sumberdaya manusia sebagai pekerja (SDM Pekerja) dan berbagai kualifikasi mutu yang mempengaruhi pekerjaan/tugas-tugas yang dipercayakan kepadanya. Apakah dalam hubungan itu, berbagai usaha peningkatan kualitas kehidupan pekerjaan/tugas-tugas berpengaruh terhadap kinerja karyawan dan sesuai dengan hakikat luhur pekerja sebagai manusia? Mata kuliah ini merupakan rangkaian siklus Manajemen Sumber Daya Manusia (yang dalam konteks program studi Magister Manajemen Universitas Surabaya dikenal dengan istilah Human Capital) sebagai tahapan keempat dari empat ranah manajerial (penerimaan/inception, pengembangan/training & development, peningkatan kinerja/performance management, dan pemeliharaan/maintenance). Upaya pemeliharaan karyawan di dalam suatu organisasi dilakukan melalui pemberian imbalan (rewarding people), dengan memperhatikan hubungan kekaryawanan (employeerelations), serta kesehatan, keamanan, dan kesejahteraan karyawan (health, safety, and employee well-being). Maka pembahasan dalam perkuliahan akan difokuskan pada topik-topik tersebut. Secara lebih rinci mahasiswa akan diperkenalkan pada manajemen imbalan (reward management), job security and job satisfaction, evaluasi jabatan, hingga pada pembuatan berbagai sistem pemberian imbalan (managing reward systems). Mahasiswa juga akan diajak untuk melihat secara kritis mengenai hubungan yang terjadi antar karyawan, hubungan karyawan dengan organisasi dan manajemen, hingga pada sistem komunikasi yang ada dalam hubungan kerja. Pada akhirnya mahasiswa akan diberikan wawasan mengenai kesejahteraan karyawan secara menyeluruh, baik secara fisik, psikis, maupun mental dalam kajian health and well-being, competency development, workand non-work life balance, serta berbagai upaya untuk memberikan kesejahteraan pada karyawan dalam program pendampingan karyawan (employee assistance program). Dari seluruh topik yang dibahas, diharapkan mahasiswa akan mempunyai gambaran yang lebih jelas dan terpadu mengenai berbagai upaya untuk membuat agar karyawan mau dan mampu bertahan untuk berkarya dalam suatu organisasi dengan memperhatikan kualitas kehidupan kerja (Quality of Work Life), sebagai tahapan terakhir dari empat ranah manajerial. Pemahaman yang diharapkan terbentuk pada mahasiswa akan dievaluasi dalam bentuk tugas untuk melakukan perbaikan ataupun perancangan model dari salah satu topik di atas.
Capaian Pembelajaran
Mata kuliah Quality of Work-lifeManagement dirancang untuk membantu peserta (mahasiswa) dalam melakukan eksplorasi proses dan aktivitas perencanaan atau pembaruan rancangan Program Kualitas Kehidupan Kerja termasuk implementasinya di lapangan sebagaimana dipraktikkan oleh badan usaha. Oleh karena itu, matakuliah ini memfasilitasi proses belajar peserta (mahasiswa) seperti kondisi nyata para manajer lini (operatings managers) yang terlibat mengelola SDM (pekerja) dengan sekaligus belajar meningkatkan mutu kehidupan kerja karyawannya. Para mahasiswa mempelajari bagaimana para praktisi-profesional meningkatkan kinerja SDM melalui pembaruan mutu kehidupan kerja karyawannya. Dengan demikian pembelajaran QWL sekaligus menjadi pembelajaran yang spesifik, karena fokusnya mempelajari produktivitas badan usaha menurut kajian produktivitas SDM dengan latarbelakang peningkatan mutu kehidupan kerja karyawan. Perencanaan Desain QWL, Program/Proyek QWL, dan lain-lain intervensi disekitar QWL dicermati secara khusus dalam pembelajaran ini.
Pengetahuan Awal
-
Referensi Umum
- Cascio, W.F. (2006). Managing Human Resources Productivity, Quality of working life, Profits (International Edition). Boston: McGraw-Hill. Royuela, V., Lopez-Tamayo, J., dan Surinach, J. (2008). The Institutional vs. the Academic Definition of the Quality of working life. What is the Focus of the European Commission? Social Indicator Research. 86:401-415. Sirgy, M.J., Reilly, N.P., Wu, J., dan Efraty, D. (2008). A Work-Life Identity Model of Well-Being: Towards a Research Agenda Linking Quality-of-Work-Life (QWL) Programs with Quality of Life (QOL). Applied Research Quality Life. 3: 181-202. Michael Armstrong (2009). Armstrong's handbook of Performance Management. An Evidence-Based Guide to Delivering High Performance (Paperback) 4th edition. UK : Kogan Page Ltd. Amazon. Bahan bacaan lainnya akan ditentukan kemudian sesuai dengan karakteristik proyek lapangan yang dipilih para mahasiswa (3629)