00141A PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa memiliki kemampuan pemahaman konsep dan deskripsi situasi hal yang berkaitan dengan penguatan warganegara dalam implementasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, penyikapan terhadap situasi aktual tentang ideologi, negara dan warganegara secara sekuensial. Dengan pemahaman serta refleksi terhadap realitas kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, diharapkan mahasiswa menjadi ilmuwan dan profesional yang memiliki rasa kebangsaan dan cinta tanah air demokratis yang berkeadaban; menjadi warganegara yang memiliki daya saing, berdisiplin, dan berpartisipasi aktif dalam membangun kehidupan yang damai berdasarkan sistem nilai Pancasila.
Capaian Pembelajaran
Pengetahuan Awal
Referensi Umum
- Abdul Rozak, Wahdi Sayuti, Andi Syafrani (ed), 2000, Pendidikan Kewarganegaraan: Demokrasi, Hak Asasi Manusia, Masyarakat Madani, Prenada Media, Jakarta.(925)
- HA Prayito dan Trubus (peny.), 2003, Pendidikan Kebangsaan, Demokrasi dan Hak Asasi Manusia, Universitas Trisakti, Jakarta.(924)
- Noor Ms. Bakry, 2009, Pendidikan Kewarganegaraan, Pustaka Pelajar, Yogyakarta, 2009.(923)
- Sunoto, 2000, Filsafat Pancasila, PT. Hanindita Graha Widya, Yogyakarta.(921)
- Syarbani, Syahrial, 2003, Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi, Ghalia Indonesia, Jakarta(922)