1306Y14A Contemporary Marketing
Mata kuliah ini secara spesifik berfokus pada perkembangan dan aplikasi ilmu pemasaran terkini di dunia nyata. Mahasiswa diharapkan dapat memiliki pola pikir atau para digma orientasi pasar yang merupakan basis utama dari ilmu pemasaran terkini. Setelah mempelajari mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu mengenali danmemahami masalah-masalah pemasaran serta perubahan yang terjadi di berbagai industri sehingga mampu merumuskan strategi pemasaran yang diwujudkan dalam bentuk perencanaan dan implementasinya secara komprehensif. Metode pengajaran yang digunakan adalah metode tutorial, diskusi kasus dan observasi. Mahasiswa diharapkan dapat meningkatkan cara berpikir analitis melalui metode observasi dan diskusi. Selama proses pembelajaran, mahasiswa melakukan observasi dandiminta untuk menganalisis sebuah bisnis dan aplikasi ilmu pemasaran terkini di berbagai bidang industri. Dengan demikian proses pembelajaran tidak hanya menekankan materi -materi yang bersifat kognitif, melainkan juga mahasiswa dapat mengasah keterampilan (skills) dan sikap (attitude) yangdibutuhkan dalam dunia usaha.
Capaian Pembelajaran
Mahasiswa mampu menghubungkan (relates) konsep-konsep pemasaran terkini danimplementasinya di dunia bisnis, serta mengindentifikasi (identify) masalah kritis (criticalproblem) sebuah bisnis. Mahasiswa diharapkan mampu menyimpulkan (summarizes) danmengusulkan(proposes)solusiterbaik ataspermasalahanyangdihadapi. Selain knowledge mahasiswa diharapkan memilikikeahlian/keterampilan (skills)dansikap(attitude)tertentu,meliputiketerampilanmerespon,menjawab,bertanya,mengemukakanpendapatdan bekerjasama denganoranglain.
Pengetahuan Awal
-
Referensi Umum
- Boone, Louis E & David L. Kurtz. Contemporary Marketing 18th Ed. Cengage Learning,2019 Best, Roger J., Market Based Management 6th. Ed., Pearson New International Edition, 2014 Sugars,Bradley, BusinessCoach,2007 Artikel, berita dan jurnal pendukung dari berbagai sumber (majalah SWA, majalah Marketing,majalah Franchise, majalah Pengusaha) (3226)