1306Y12A Integrated Marketing Communication

Mata kuliah ini mengajarkan tentang bagaimana badan usaha membangun komunikasi pemasaran yang terintegrasi dengan pelanggan. Komunikasi pemasaran dilihat dari dua sisi, yaitu perusahaan dan pelanggan. Pada mata kuliah ini siswa tidak hanya diajarkan untuk menganalisis komunikasi pemasaran yang telah ada di pasar, tapi juga bagaimana mendesain sebuah komunikasi pemasaran yang terintegrasi. Semua hal tersebut tentunya ditunjang dengan pembelajaran yang tidak hanya ditekankan pada materi-materi yang bersifat kognitif (knowledge & abilities), melainkan juga dilengkapi dengan keahlian-keahlian atau ketrampilan-ketrampilan (skills), perilaku-perilaku atau sikap (behaviors/ attitudes) tertentu. Mahasiswa mampu menghubungkan komponen-kompenen IMC serta perannya membangun merek. Mahasiswa diharapkan pula mampu menyusun dan menilai suatu desain IMC, mahasiswa suka memodifikasi dan terampil melakukan respon secara kompleks. Capaian pembelajaran yang dicapai adalah: (S-5, S-6, S-9, S-10, PP-1, KK-1, KK-3, KK-4, KK-8, KU-1, KU-3, KU-7, KU-8, KU-9, KU-10, KU-11, KU-12).

Capaian Pembelajaran

CPMK-1: Mahasiswa mampu memahami konsep Integrated Marketing Communication, alat-alat komunikasi pemasaran, serta peranannya dalam pemasaran (S5,S6, PP-1,PP-4, KK-1,KK-3, KU-1,KU-7) CPMK-2 Mahasiswa mampu menjelaskan proses komunikasi serta pentingnya regulasi dan etika dalam komunikasi pemasaran (S5,S6, PP-1,PP-4, KK-1,KK-3, KU-1,KU-7) CPMK-3 Mahasiswa mampu mengungkapkan pentingnya targeting & positioning, serta persuasi dalam komunikasi pemasaran. (S5,S6, PP-1,PP-4, KK-1,KK-3, KU-1,KU-4, KU-7) CPMK-4 Mahasiswa mampu membedakan berbagai karakteristik masing-masing alat komunikasi pemasaran (S5,S6, PP-1,PP-4, PP-5, KK-1,KK-3, KU-1,KU-7)

Pengetahuan Awal

-

Referensi Umum

  • Belch, G.E. & Belch, M.A. (2018). Advertising and Promotion: An Integrated Marketing Communications Perspective 11th ed. New York: McGraw-Hill. (2599)

Referensi Buku Pustaka

    Update: 2024-07-27 00:45:03 sesuai RPS Online
    Dosen/PJMK: dudi da